Apa itu Domain & Hosting ?

Cybertechno – Banyak dari client yang masih bingung antara domain dan hosting. Sebenarnya apa sih yang membedakan antara domain dan hosting ini?

domain dan hosting

Bagi orang yang pertama kali mengenal dunia website pasti akan merasa bingung dengan domain dan hosting. Saya dulu juga seperti itu.

Sebenarnya antara domain dan hosting itu mempunyai sebuah perbedaan. Namun masih banyak dari pengguna website yang menganggap kalau domain dan hosting ini adalah sesuatu yang sama.

Definisi Domain

Domain merupakan sebuah sebuah nama yang mampu menerjemahkan ip address. Setiap komputer server pasti mempunyai alamat IP (internet protokol). Alamat ini sama seperti alamat rumah kita. Tiap rumah pasti punya alamat sendiri yang unik agar bisa dikenali. Begitupun dengan komputer.

Komputer juga mempunyai alamat. Namun alamat pada komputer ini berbentuk angka. Contohnya 192.168.10.25. Jika kita menghafal angka ini pasti akan kesulitan. Maka dari situlah alamat ini harus diterjemahkan menjadi nama domain. Jika alamat komputer berbentuk angka, maka nama domain berbentuk huruf, sehingga lebih mudah untuk dihafal. Contohnya: vallenca.com.

Definisi Hosting

Jika domain merupakan alamat dari website kita, maka hosting di ibaratkan sebagai rumah kita. Jadi fungsi dari hosting adalah sebagai memory yang berfungsi untuk menyimpan file website kita.

Dalam membangun sebuah website, kita wajib mempunyai keduanya. Sehingga kita bisa menaruh website dan dapat diakses oleh semua orang.

Untuk mendapatkan domain dan hosting sendiri kita harus menyewanya ke penyedia layanan domain hosting. Anda bisa mencarinya di google. Sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan domain dan hosting.

Dari sini saya rasa anda sudah paham apa itu domain dan hosting. Jika masih ada yang perlu ditanyakan, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.